Worth Place To Visit In Hokkaido!

14:17 Unknown 0 Comments


Wah kalau berbicara tentang Hokkaido ga akan ada habisnya, banyak sekali tempat-tempat yang wajib kamu kunjungin kalo lagi di Hokkaido, ada Sapporo, Hakodate, Otaru dan masih banyak lagi (karena ada 14 subprefektur) dengan tempat-tempat yang menjadi andalan di masing-masing daerah.

Sekilas tentang sejarah, Hokkaido adalah pulau terbesar ke-dua dia Jepang dengan 14 subprefektur. Dulunya pulau ini bernama Ezo dipisahkan oleh selat tsugaru sehingga terpisah dari pulau Onshu. Hokkaido merupakan tempat tinggal bagi suku Ainun di Jepang. Pergantian nama Ezo menjadi Hokkaido terjadi pada zaman kekaisaran Meiji. Saat itu ada dua pilihan pengganti nama Ezo yaitu Hokkaido dan Kaihokudo. Dan akhirnya terpilihlah Hokkaido karena banyak orang yang memilih nama tersebut.

Ada beberapa tempat wisata yang paling populer disana:

1. Sapporo


Sapporo jelas menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi selama berada di Hokkaido. Ibu kota prefektur Hokkaido dan kota terbesar di Hokkaido ini sekaligus termasuk dalam salah satu kota terbesar di Jepang. Sapporo punya banyak tempat wisata yang menarik, sepertiMoerenuma Park, sebuah taman kota yang dirancang oleh Isamu Noguchi; museum terbuka, resort ski, museum bir, aneka pusat perbelanjaan, pasar, taman botani, dan banyak lagi. Namun salah satu yang menarik untuk dikunjungi mungkin adalah Odori Park. Taman ini membelah pusat kota Sapporo menjadi sisi selatan dan utara, dan di ujung sebelah timur Odori Park terdapat Sapporo TV Tower yang memiliki observation deck di ketinggian 90 meter, cukup untuk melihat-lihat suasana kota Sapporo dari ketinggian. Dan tentu saja Sapporo ini menarik dikunjungi khususnya saat pelaksanaan Sapporo Snow Festival yang biasa digelar pada awal Februari.


2. Shiretoko National Park


Hokkaido memiliki banyak taman nasional, namun baru Shiretoko yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO; membuat tempat ini menjadi salah satu kebanggaan Jepang. Shiretoko National Park ini terletak di sisi timur Hokkaido, tepatnya di Shiretoko Peninsula. Terdapat bermacam variasi kehidupan liar disini, mulai dari vegetasi hingga hewan liar seperti beruang coklat, rusa, dan rubah. Beberapa daya tarik dari Shiretoko ini antara lain aneka macam danaunya, air terjunnya, hingga atraksi ryuhyo (drift ice).


3. Daisetsuzan National Park 


Jika Shiretoko memegang rekor tersendiri karena menjadi satu-satunya taman nasional di Hokkaido yang masuk dalam daftar situs warisan dunia, maka Daisetsuzan ini memegang rekor sebagai taman nasional terbesar di Hokkaido. Saking besarnya, taman ini lebih luas dari beberapa prefektur kecil yang ada di Jepang. Daisetsuzan ini menjadi surga bagi para pecinta aktifitas outdoor seperti mereka yang suka melakukan hiking maupun camping karena memiliki area pegunungan yang masih sangat terjaga kealamiannya. Namun Daisetsuzan juga menarik karena memiliki beberapa resor onsen yang ada di dekat Daisetsuzan, sehingga wisatawan bisa merasakan berendam di air panas sambil menikmati suasana alam yang indah.


4. Furano


Kota yang satu ini populer karena memiliki ladang bunga lavender yang super luas, yang akhirnya menjadi daya tarik utama wisata di kota tersebut. Namun, jika musim mekarnya bunga Lavender (yaitu di musim panas) telah berlalu, Furano tetap menarik untuk dikunjungi karena di kota ini terdapat aneka ladang bunga dari jenis lainnya yang mekar di musim semi maupun musim gugur. Adapun atraksi yang disarankan untuk dicoba di tempat ini adalah menaiki Lavender Bus yang akan membawa wisatawan menjelajah ladang Lavender, maupun menaiki keretaFurano-Biei Norokko Train yang akan melewati berbagai ladang bunga dengan pemandangan yang indah.


5. Otaru


Kota pelabuhan kecil namun memiliki pelabuhan terbesar di Hokkaido. Otaru populer karena memiliki kanal dan terdapat bangunan-bangunan bekas gudang yang kini diubah menjadi restoran, museum, dan toko-toko. Salah satu aktifitas yang direkomendasikan saat berada di Otaru adalah berjalan-jalan menyusuri tepi kanal sambil menikmati suasana; atau menyusuri Sakaimachi Street, sebuah kawasan preservasi yang memiliki banyak bangunan dengan gaya arsitektur Barat. Otaru ini juga menjadi tuan rumah untuk Otaru Snow Light Path Festival, sebuah festival musim dingin yang biasa digelar pada awal Februari.


6. Akan National Park


Taman nasional yang berada di sisi timur Hokkaido ini populer karena memiliki 3 danau yang memiliki keindahan luar biasa, yaitu Danau Akan, Danau Mashu, dan Danau Kussharo. Danau Akan merupakan sebuah danau yang menjadi rumah bagi marimo, jenis alga langka berbentuk bola-bola hijau. Danau Masshu disebut-sebut sebagai danau terindah di Jepang karena memiliki air yang super jernih sehingga bisa memantulkan awan dan gunung disekitarnya dengan begitu jelas. Sedangkan Danau Kussharo merupakan danau terbesar di taman nasional ini yang meiliki beberapa outdoor onsen (rotenburo) di sekitar danau yang beberapa diantaranya bisa digunakan secara gratis.


7. Noboribetsu


Dari sekian banyak resor onsen yang terdapat di Hokkaido, Noboribetsu ini disebut-sebut sebagai resort onsen yang paling populer. Di tempat ini terdapat 11 jenis air panas alami yang beberapa diantaranya memiliki kualitas air terbaik di Jepang, serta memiliki banyak hotel dan ryokan. Di Noboribetsu ini juga terdapat Jigokudani atau lembah neraka, sebuah lembah yang menjadi sumber air panas bagi resor onsen. Ngomong-ngomong, area Jigokudani ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan populer sebagai salah satu destinasi hiking di Hokkaido.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk berkunjungkung ke Hokkaido? Saya pribadi memang ingin tinggal disana :3



Source: (http://jalan2.com/forum/blog/193/entry-841-20-destinasi-wisata-favorit-di-hokkaido-1/)

0 comments: