Prepare Yourself, Say Hi To LUSICON!

10:53 Unknown 0 Comments


Lusicon (lumpur Sidoarjo Conbloc) terdengar sedikit unik, bukan? Seperti namanya lusicon adalah batu bata ringan jenis baru yang sedang dikembangkan berasal dari lumpur sidoarjo. Seperti kita tahu bencana Banjir lumpur panas Sidoarjo atau yang lebih dikenal dengan lumpur lapindo, merupakan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak 29 mei 2006 lalu. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda lumpur tersebut akan berhenti menyembur.

Lumpur Lapindo memiliki banyak sisi negatif namun dengan mencoba melihat dari sisi lainnya, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), mencoba untuk melakukan penelitian dan mengembangkan lumpur Sidoarjo menjadi sebuah bahan material bangunan alternatif bata ringan ramah lingkungan yang berguna bagi masyarakat umum. Penelitian ini juga direncanakan untuk menciptakan komposisi campuran yang optimum untuk membuat produk bata ringan ramah lingkungan.


















Jenis material bahan bangunan yang dipakai untuk membuat bata ringan ramah lingkungan terdiri dari lumpur sidoarjo terkalsinasi, semen, aggregate halus (pasir), pasta alumunium dan juga serbuk kapur (ca(oh)2).


Spesifikasi dan kinerja bata ringan berbahan lumpur Sidoarjo setara dengan produk bata ringan yang di produksi oleh pabrikan yang sudah ada dan jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan produk bata ringan yang ramai diproduksi industri kecil sekarang ini. Agar nantinya produk bata ringan ramah lingkungan dari lumpur Sidoarjo mampu bersaing dengan produk bata merah yang sudah ada di pasaran, maka ukurannya direncanakan modular.


Penelitian dan pengembangan produk bata ringan ramah lingkungan yang berbasiskan lumpur Sidoarjo ini akan terus dilakukan setelah penelitian dan pengembangan lumpur sidoarjo sebagia produk bata ringan sudah selesai.

Sekilas tentang Lusicon, semoga saja penelitian tersebut berjalan dengan lancar dan semoga Lusicon termasuk produk bata ringan ramah lingkungan karena selain ramah lingkungan Lusicon turut membantu dalam mengurangi lumpur lapindo yang tak kunjung berhenti, Good Luck!!


Source:(http://www.sementigaroda.com/blog/mengembangkan-lumpur-sidoarjo-menjadi-bahan-material-alternatif/)

0 comments: