Konsep Rumah Hijau Perancangan Arsitektur (SPA 2)

05:03 Unknown 0 Comments





Tor:

Menciptakan rumah tinggal ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi yang mendukung konsep sehingga menciptakan rumah tinggal yang nyaman dan tetap menjaga keseimbangan dengan alam.



Statement:

1. Pengertian : rumah adalah lingkungan binaan berupa bangunan layak huni yang memenuhi maksud dan tujuan tertentu sesuai dengan karakter penghuni rumah.

2. Latar belakang : seiring perkembangan jaman, rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga termasuk salah satu bagian dari alam maka dari itu dibuatlah rumah tinggal ramah lingkungan agar tetap menjaga keseimbangan dengan alam.

3. Tujuan : menciptakan rumah tinggal ramah lngkungan dengan menerapkan teknologi-teknologi yang mendukung konsep sehingga menciptakan rumah yang ramah lingkungan

.

Pendekatan Ramah Lingkungan:

1. Menggunakan taman di dalam rumah

Penggunaan taman dalam rumah dengan tujuan untuk memberikan kesegaran alami dan kesan sejuk di dalam rumah karena tanaman berfungsi menyerap CO2 yang kita keluarkan dan menggantinya dengan O2 untuk kita hirup.

2. Menggunakan plat alumunium berpori (rooster)

Rooster berfungsi sebagai bukaan di dalam rumah, penggunaan rooster yang besar dan banyak memungkinkan pertukaran udara di dalam rumah menjadi lancar dan sirkulasi udara menjadi baik.

3. Mengunakan clear polycarbonat solid sheet

Polikarbonat jenis ini mempunyai bentuk dan jenis fisik yang mirip kaca, bening dan tembus pandang, namun daya tahannya lebih kuat daripada kaca. Polikarbonat dipasang pada bagian atap yang dibawahnya terdapat taman sebagai pencahayaan alami dan sumber matahari bagi tanaman di bawahnya.

4. Menggunakan tanaman rambat

Tanaman rambat ini berguna sebagai barrier bagi lingkungan rumah selain itu juga dapat menampilkan kesan lebih sejuk dan segar. Tanaman rambat ini menggunakan media teralis besi yang dipasang memanjang ke atas dan di letakkan dekat dengan dinding yang banyak menerima matahari. Selain itu kita juga dapat menanam tanaman yang langka seperti anggrek, disamping sebagai hiasan kita juga turut menjaga lingkungan dan melestarikannya.

5. Menggunakan biopori

Biopori berguna sebagai resapan air hujan namun disamping itu juga dapat digunakan sebagai tempat pembuatan pupuk alami dengan proses alami yang dilakukan oleh makhluk hidup yang tinggal di dalam tanah.

6. Menggunakan sumur resapan

Sumur resapan berguna untuk menyerap air hujan sementara di dalam tanah dan akan menambah cadangan air tanah selain itu rumah kita juga akan terhindar dari banjir jika memiliki sumur serapan.

0 comments: